Gelar aksi solidaritas, HMI Cabang Bandar Lampung kecam Penyerangan Israel Terhadap Palestina

Bandar Lampung – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandar Lampung, menggelar aksi solidaritas mengecam penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Aksi solidaritas bela Palestina tersebut dilakukan dari depan sekretariat HMI Cabang Bandar Lampung hingga bundaran tugu Adipura, di Bandar Lampung, Rabu (19/05/2021).

Dalam aksi tersebut juga hadir ormas-ormas Islam yang tergabung didalam Forum Suara Masyarakat Lampung (FSML).

Ketua Umum HMI Cabang Bandar Lampung M. Rizki Al Safar mengatakan, HMI mengecam keras tindakan penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Penyerangan yang dilakukan Israel merupakan kejahatan kemanusiaan.

“Melakukan penyerangan kepada orang tak berdosa yang sedang berdoa jelas merupakan sebuah teror, saya melihat bahwa serangan terhadap orang-orang Palestina ini bertentangan dengan hak asasi manusia yang paling fundamental. Kami mengutuk keras serangan yang dilakukan Israel terhadap kiblat pertama umat muslim, apalagi hal ini dilakukan di bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Ketua Umum HMI Cabang Bandar Lampung juga mengatakan, bukankah kita semua mengetahui dalam pembukaan UUD 1945 dijelaskan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

“Konstitusi sudah jelas bahwa Indonesia adalah cikal bakal pembebasan dari Kolonialisme. Aksi yang digelar hari ini menunjukkan kepada masyarakat lampung bahwa umat Islam masih peka terhadap permasalahan kemanusiaan, air mata Palestina adalah air mata kita. Duka Palestina adalah duka kita. Bahkan dalam sejarah Indonesia tahun 1944 ketika Indonesia belum merdeka Palestina sudah mendukung Indonesia untuk merdeka. 75 tahun Indonesia merdeka kita pastikan bahwa Umat Islam di Lampung senantiasa bersama Palestina,” tuturnya.

Lanjut, ia mengatakan, HMI Cabang Bandar Lampung mempertanyakan sikap para pemimpin negara Islam dan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, yang sampai saat ini tidak ada tindakan konkret untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

“Sejauh ini yang ada hanyalah pernyataan semata. Namun belum ada tindakan nyata dari para pemimpin negara Islam dan negara yang mayoritas beragama Islam seperti Indonesia ini,” kata M. Rizki Al Safar .

Oleh sebab itu, HMI Cabang Bandar Lampung mengeluarkan Press Release menyatakan bahwa :

  1. Menyatakan turut berduka cita atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Al-Aqsha dan mengutuk keras segala tindak kekerasan yang dilakukan oleh aparat Israel terhadap rakyat Palestina. Rezim Zionis-Israel terbukti secara jelas dan meyakinkan telah melakukan tindakan pengusiran, perampasan pemukiman secara ilegal, dan pembunuhan massal kepada warga sipil Palestina.
  2. Mendukung sikap Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri yang secara konsisten melakukan pembelaan terhadap hak rakyat Palestina untuk dapat hidup damai dan Mendesak Pemerintah RI utk mengirimkan pasukan militernya dalam pembebasan Al-Aqsha secepatnya.
  3. Mendukung perjuangan diplomasi Pemerintah Indonesia diforum Internasional Bersama negara- negara muslim yang tergabung di dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk segera mengambil langkah responsif dan melakukan konsolidasi secara efektif, menghentikan pertentangan dan membangun perdamaian didunia.
  4. Mengajak seluruh kader HMI Cabang Bandar Lampung dan elemen masyarakat di kota Bandar Lampung untuk menyuarakan protes dan meminta kepada Pemerintah RI agar mengusulkan kepada PBB menjadikan negara Israel sebagai negarateroris.
Previous Post Next Post