Bupati pesawaran : tupoksi yang baik antara legislatif dan eksekutif merupakan perwujudan aspirasi masyarakat

Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengingatkan, berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pembangunan di daerah, salah satunya tergantung kepada peran serta DPRD Kabupaten Pesawaran.

Hal ini disampaikannya, saat rapat paripurna istimewa dalam rangka pengambilan sumpah peresmian pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD setempat.

“Dalam pembangunan suatu daerah, bukan hanya dari eksekutif saja, tetapi juga peran serta DPRD Kabupaten Pesawaran sangat penting, terutama pada pelaksanaan program pembangunan. Sehingga pada gilirannya nanti saudara benar-benar amanah untuk mewujudkan masyarakat Pesawaran yang maju, makmur dan sejahtera,” ujarnya, Senin, 13 Februari 2023.

Dirinya juga mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Pasal 57 dinyatakan bahwa penyelenggara pemerintahan daerah adalah pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota terdiri dari kepala daerah dan DPRD dibantu oleh perangkat daerah.

“Hal ini berarti, lembaga DPRD adalah mitra kerja dan berkedudukan sejajar dengan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta bersama-sama memajukan daerah Bumi Andan Jejama yang kita cintai ini,” kata dia.

Dirinya mengatakan, dengan kesejajaran tersebut, diperlukan kondisi yang selaras dan serasi dalam hubungan kerja antara legislatif dan eksekutif, sebagai pemegang dan pelaksana amanat masyarakat.

Dengan demikian, dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi baik pihak eksekutif dan legislatif pada hakekatnya, merupakan perwujudan aspirasi masyarakat yang diimplementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap, menyeluruh dan berkelanjut,” ujar dia.

Pada kesempatan ini, Dendi juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Sumaryono yang baru dilantik menggantikan A Gunawan. Dirinya meminta agar anggota yang baru dilantik dapat dengan cepat beradaptasi dan memberikan sumbangsih untuk pembangunan daerah.

“Saya berharap, agar bapak Sumaryono sebagai wakil rakyat, dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Previous Post Next Post