Gunakan pakaian adat bupati pesawaran saat hadiri HAB ke 77

Pesawaran – Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 Tahun 2023 kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran yang mengikuti upacara di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran mengenakan pakaian adat nusantara (03/01/2023).

Bukan hanya ASN Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan undangan lainya juga turut mengenakan pakaian adat nusantara untuk turut memeriahkan hari jadi Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-77 ini.

Selain Bupati Pesawaran, Hadir juga Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Kepala BPN, Kepala BPS, Ketua Majelis Punyimbang Adat Lampung Kabupaten Pesawaran, Ketua TP PKK, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua BWI, Ketua FKUB, Pimpinan Bank rekanan Kemenag Pesawaran, Ormas Islam se-Kabupaten Pesawaran, Ketua organisasi lintas agama, dan media.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa pada HAB ke-77 Tahun 2023 ini, kita canangkan tagline “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. Kerukunan sangat flukuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih lagi menjelang pemilu 2024. Ditahun politik ini, potensi terjadi ketidakrukunan dimasyarakat akibat pilihan politik yang berbeda tetap ada.

Kementerian Agama bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi. Untuk itu semangat merawat kerukunan harus digelorakan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. ASN Kementerian agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.

Lebih lanjut Menag mengatakan “kini Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan salah satunya dengan kehadiran Pusaka Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan dari mulai pusat hingga daerah.

Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh kementerian/Lembaga dan publik, kita diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu” Pungkasnya.

Selain kegiatan upacara, pada peringatan HAB ke-77 ini juga, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan Baznas dan Stakeholder lainya memaknai Hari Amal Bhakti dengan memberikan beasiswa kepada Siswa dan Santri berprestasi, bantuan Soundsystem untuk Majelis Ta’lim dan TPQ, Bantuan sembako untuk kaum dhuafa, sertifikat BMN dan sertifikat tanah wakaf, dari BPN Pesawaran, Sertifikat Halal untuk UMKM peserta program SEHATI, pembagian hadiah untuk para pemenang perlombaan Seni, Olahraga dan Kreatifitas Digital, dan penghargaan untuk 6 orang ASN peserta upacara dengan pakaian adat terbaik.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran Wasril Purnawan menuturkan, bahwa dalam rangka menyambut HAB ke-77 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran menginisiasi dan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya perlombaan seni dan olahraga yang diikuti oleh seluru ASN baik di madrasah maupun KUA.

Selain itu juga Kantor Kemenag Pesawaran bekerjasama dengan IPHI dan Kampung Qur’an Al-Fusha menggelar sarasehan haji dan tabligh akbar dengan mendatangkan Ustad Riza Muhammad untuk memberikan tausyiah. Kemudian pada esok hari (04/01/2023) akan diadakan Festival Hari Amal Bhakti Ke-77 yang diinisiasi oleh salah satu Badan Wakaf di Desa Sidodadi Kecamatan Waylima yang menamakan diri BWS yang menjadi salah satu binaan Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran dalam pengembangan wakaf.

Previous Post Next Post